komponen pasa mesin
KOMPONEN MESIN MOBIL SERTA FUNGSINYA
SISTIM PENDINGINAN DAN PENGISIAN
KOMPONEN MESIN SERTA FUNGSINYA
1. Blok Silinder
Salah satu komponen utama ini merupakan dasar dari sebuah mesin kendaraan. Pada bagian blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin dan di setiap silinder mesin ini memiliki satu buah piston yang berada di salah satu ujung dari batang piston.berfungsi sebagai blok untuk menopang berbagai komponen mesin serta menjadi tempat untuk naik turun piston.
Sedangkan untuk ujung batang lainnya dihubungkan dengan poros engkol, sehingga naik turunnya dari piston ini lah yang dapat menggerakkan bagian engkol.
2. Silinder
Komponen ini memiliki fungsi untuk memindahkan dan membentuk panas ke tenaga mekanik. Sehingga bila anda ingin tenaga mesin kendaraan anda menjadi maksimal, usahakan agar menjaga agar tidak ada kebocoran pada gas yang dibakar pada bagian antara piston dan silinder.
Terlihat sangat rumit memang, tapi hal ini juga tidak bisa anda sepelekan dalam kendaraan mobil anda. Anda juga harus merawat dan bahkan anda juga bisa mengganti alat ini jika kendaraan anda anda masalah.
Beberapa komponen yang wajib anda ketahui dengan fungsi nya seperti ini memang sangat penting. Mengingat banyak nya komponen yang berada di kendaraan sangat banyak dan rumit. Maka ini adalah komponen yang sangat penting di perhatikan dalam kendaraan mobil.
3. Kepala Silinder
Komponen ini dipasang kan pada blok silinder bagian atas dengan cara di baut dan diberikan gasket. Biasanya kepala silinder ini terbuat dari campuran besi tuang dengan almunium yang dapat membatasi pemuaian.
Selain itu, juga terdapat tambahan mantel pendingin yang dihubungkan dengan blok silinder agar memberikan pendinginan pada bagian busi dan katup yang ada di dalamnya.fungsinya sebagai penutup bagian atas blok mesin dan sebagai housing bagi mekanisme katup
Ini juga merupakan komponen pelengkap dari komponen yang sudah di jelaskan di atas. Dengan adanya gambar sehingga anda bisa membedakan bentuk dan fungsi yang ada dari komponen di atas.
4. Karter
Komponen mesin mobil ini terletak di bagian bawah blok silinder. Fungsi dari karter adalah sebagai penampung oli mesin. Di dalam karter juga terdapat ventilasi yang menghubungkannya dengan udara luar. Karter dibaut dan diberikan tambahan gasket diantara bak engkol dengan karter yang nantinya dapat berfungsi untuk menghindari kebocoran pada mesin kendaraan.
5. Torak atau Piston
Salah satu komponen mesin mobil ini memang diharuskan untuk dapat bekerja dengan kecepatan maksimal sehingga harus memiliki karakteristik komponen yang tahan terhadap tingkat suhu yang panas serta tekanan yang tinggi. Bagian kepala piston memiliki bentuk kepala yang datar namun beberapa lainnya memiliki bentuk yang cembung.
6. Batang Piston
Komponen ini berfungsi menghubungkan antara piston dengan poros engkol.
7. Poros Engkol
Komponen ini berfungsi sebagai pengubah dari gerakan lurus piston yang ada pada silinder menjadi gerak memutar melalui batang piston. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk menjaga gerakan piston untuk langkah selanjutnya.
Selain komponen utama diatas, mesin mobil juga memiliki komponen tambahan lainnya yang membantu kinerja mesin mobil, antara lain adalah:
- Sekring, berfungsi untuk mencegah terjadinya konslet pada mesin mobil
- Kunci kontak, berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik di dalam mobil.
- Amperemeter, berfungsi untuk mengontrol arus listrik.
- Regulator, berfungsi untuk mengubah aliran arus Ac menjadi arus DC.
- Karburator, berfungsi untuk mencampurkan bahan bakar kendaraan.
- In house manifoll, berfungsi untuk menjadi saluran bahan bakar gas baru
- Eks House, berfungsi untuk menjadi saluran pembuangan sisa pembakaran.
- Tutup radiator, berfungsi menahan tekanan air.
- Radiator, berfungsi untuk menampun dan mendinginkan air radiator.
- Radiator bagian atas, berfungsi untuk tempat penampungan air panas.
- Radiator bagian bawah, berfungsi untuk tempat penampungan air dingin.
- Kepala silinder, berfungsi sebagai dudukan busi serta menjadi ruang bakar.
- Tutup kepala silinder, berfungsi untuk melindungi mekanisme katup.
- Motor starter, berfungsi untuk menggerakkan pulas mesin
- Termostat, berfungsi untuk mengoptimalkan dari kinerja mesin.
- Alternator, berfungsi sebagai generator listrik serta mensuplai baterai.
- Kipas, berfungsi untuk mendinginkan mesin bagian luar dan radiator mesin.
- Busi, berfungsi sebagai pemantik api.
- Pompa air, berfungsi untuk mengatur sirkulasi dari air pendingin yang ada di dalam mesin menuju radiator.
- Switch temperatur,berfungsi untuk mengontrol suhu pada saat mesin bekerja.
- Blok mesin, berfungsi sebagai dudukan dari beberapa komponen seperti poros engkol, busi, dan lainnya.
- Pompa bensin, berfungsi sebagai pemompa bensin.
- Stick oli, berfungsi untuk mengukur kondisi dan volume oli mobil
- Fly wheel, berfungsi untuk menjadi penerus putaran mesin kendaraan menuju sistem transmisi dan kopling mobil.
- Saringan bensin, berfungsi untuk menyaring bahan bakar yang menuju pompa mesin.
- Pully, berfungsi sebagai dudukan dari panbell.
SISTIM PENDINGINAN SERTA PENGISIAN
1. Pada sistem pendingin
Pada sistem yang berfungsi mengatur suhu mesin ini akan anda temui beberapa komponen seperti
2. Pada sistem pengisian
Pada sistem yang mendukung charing pada kelistrikan mesin juga akan anda temui beberapa komponen seperti
Pada sistem yang berfungsi mengatur suhu mesin ini akan anda temui beberapa komponen seperti
2. Pada sistem pengisian
Pada sistem yang mendukung charing pada kelistrikan mesin juga akan anda temui beberapa komponen seperti
- altenator
- Regulator
- Baterai Kabel power
Komentar
Posting Komentar