anggota sasis

A. KOPLING
  • Koling dibedakan menjadi empat macam, yaitu:
  1. Kopling Mekanik
  2. Kopling Hidrolik
  3. KoplingDiafragma
  4. Kopling Ganda
  • Bagian kopling
  1. Pedal kopling
  2. Master silinder
  3. Garpu pembebas
  4. Release bearing
  5. Cover clucth
  6. Plat kopling
  • Fungsi kopling
Menghubungkan dan memutuskan putaran mesin ke transmisi
B. POROS PENGGERAK BELAKANG
Apabila mesin dan transmisi ditempatkan pada ujung depan kendaraan dan memutarkan roda belakang, maka gaya dipindahkan dari transmisi ke roda belakang melalui propeller shaft (poros belakang),Ada 2 jenis pemindahan, yaitu
  1. Pemutaran ” Hotchkiss” dengan poros belakang terbuka,
  2. Torque Tube Drive, tipe ini propeller shaft tertutup (terbungkus) di dalam tabung gaya.
Bagian bagian poros belakang:
  1. Propeler shaft
  2. Sambungan universal : Mekanik universal joint, Elastic universal joint
  3. Kotak gigi poros belakang : Poros Belakang Simetris, Gigi Hypoid, Gigi Cacing (Worm gear)
  4. Diferential
Roda deferensial adalah bevel gear yang bergigi lurus. Roda deferensial dipasangkan ke dalam rumahgigi yang bearingnya ditahan didalam rumah sumbu belakang dan diputarkan oleh gigi kerona. Gigi matahari dibentuk dengan suatu tempat yang terdiri dari bearing surface yang mempunyai lubang mekanik didalam diferensial cage.
C. SUSPENSI
  1. Suspensi dibedakan menjadi 2, yaitu : Suspensi Rigid dan Suspensi Independent
  2. Bagian- bagian suspensi
  • Shock absorber
  • Stabilizer
  • Strut bar
  • Ball joint
  • Pegas
Resensi buku:
  • Kelebihan buku : materi mudah dipahami dan ditambah lagi dengan adanya gambar semakin memudahkan untuh memhami materi yang ada dalam buku.
  • Kelemahan buku : gambarnya hitam putih dan materi kurang lengkap.
  • Kesimpulan : melalui buku ini kita bisa mendapatkan ilmu yang lebih banyak tentang chasis kendaaraan roda empat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bagian bagian pada mobil truk

komponen chasis dan fungsi nya

gejala transmisi bermasalah